jam Analog

Kamis, 29 Desember 2011

kekurangan dan kelebihan dari sinyal analog dan sinyal digital


Kategori: Welcome
Diposting oleh faizal pada Minggu, 18 September 2011
Post to TwitterPost to Facebook

a.Sinyal Digital
Sebuah sistem digital adalah sebuah teknologi data yang menggunakan diskrit (diskontinu) nilai. Kata digital berasal dari sumber yang sama seperti kata digit dan digitus (dalam bahasa Latin kata untuk jari), seperti jari diskrit digunakan untuk menghitung. Semua informasi digital memiliki sifat-sifat umum yang membedakannya dari metode komunikasi analog:
Sinkronisasi: informasi digital yang disampaikan oleh simbol urutan yang diperintahkan, semua skema digital memiliki beberapa metode untuk menentukan awal sebuah urutan. capitalization, and punctuation.
Bahasa: Semua komunikasi digital memerlukan bahasa, yang dalam konteks ini terdiri dari semua informasi bahwa pengirim dan penerima harus komunikasi digital kedua miliki, di muka, agar komunikasi untuk sukses.
kesalahan: Gangguan (noise) dalam komunikasi analog selalu memperkenalkan beberapa, umumnya penyimpangan atau kesalahan kecil antara dimaksudkan dan komunikasi aktual. Gangguan dalam komunikasi digital tidak mengakibatkan gangguan kecuali kesalahan sangat besar untuk menghasilkan sebuah simbol yang disalahartikan sebagai simbol lainnya atau mengganggu urutan simbol-simbol. Kesalahan dalam komunikasi digital dapat mengambil bentuk kesalahan substitusi di mana simbol digantikan dengan simbol lain.
Menyalin: Karena kehadiran yang tak terelakkan kebisingan, membuat banyak berturut-turut salinan komunikasi analog infeasible karena setiap generasi meningkatkan kebisingan. Komunikasi digital umumnya bebas dari kesalahan, salinan salinan dapat dibuat tanpa batas.
Granularity: Ketika variabel yang terus-menerus nilai analog direpresentasikan dalam bentuk digital selalu ada keputusan mengenai jumlah simbol yang akan ditetapkan untuk nilai. Jumlah simbol menentukan presisi atau resolusi yang dihasilkan datum. Perbedaan antara nilai analog aktual dan representasi digital dikenal sebagai kesalahan kuantisasi.
Meskipun sinyal-sinyal digital umumnya terkait dengan biner sistem digital elektronik yang digunakan dalam elektronika dan komputasi modern, sistem digital benar-benar kuno, dan tidak perlu biner maupun elektronik. Teks tertulis dalam buku-buku (karena keterbatasan karakter set dan penggunaan simbol-simbol diskrit - alfabet dalam banyak kasus). The Braille Sistem ini yang pertama format binari untuk penyandian karakter, menggunakan kode enam-bit diterjemahkan sebagai pola titik. Bendera semaphore menggunakan batang atau bendera yang diadakan di posisi tertentu untuk mengirim pesan ke penerima mengawasi mereka agak jauh. Bendera isyarat maritim internasional memiliki tanda khas yang mewakili huruf alfabet untuk mengizinkan kapal untuk mengirim pesan satu sama lain.
Sinyal-sinyal digital dapat disimpan pada media magnetik (berupa tape atau disk) tanpa mengalami pelemahan atau distorsi data sinyal yang bersangkutan. Metode-metode pemrosesan sinyal digital juga membolehkan implementasi algoritma-algoritma pemrosesan sinyal yang lebih canggih. Implementasi digital sistem pemrosesan sinyal lebih murah dibandingkan secara analog. Hal ini disebabkan karena perangkat keras digital lebih murah, atau mungkin karena implementasi digital memiliki fleksibilitas untuk dimodifikasi. Kelebihan-kelebihan pemrosesan sinyal digital yang telah disebutkan sebelumnya menyebabkan pemrosesan sinyal digital lebih banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Namun implementasi digital tersebut memiliki keterbatasan, dalam hal kecepatan konversi A/D dan pengolah sinyal digital yang bersangkutan.

b.Sinyal Analog
Sebuah analog atau sinyal analog adalah setiap kontinu sinyal untuk waktu yang berbeda-beda fitur (variabel) dari sinyal adalah representasi dari beberapa waktu lain yang bervariasi jumlah, yaitu, analog dengan sinyal yang berbeda-beda waktu lain. Ini berbeda dari sinyal digital dalam hal fluktuasi kecil sinyal yang bermakna. Analog biasanya memikirkan dalam listrik konteks, namun, mekanik, pneumatik, hidrolik, dan sistem lain juga menyampaikan sinyal analog.
Sinyal analog menggunakan beberapa properti dari media untuk menyampaikan informasi sinyal. Sebagai contoh, sebuah barometer aneroid rotari menggunakan posisi sebagai sinyal untuk menyampaikan informasi tekanan. Elektrik, properti yang paling sering digunakan adalah tegangan diikuti oleh frekuensi, arus, dan biaya. Sebuah sinyal analog sering seperti sinyal diukur adalah respon terhadap perubahan dalam fenomena fisik, seperti suara, cahaya, suhu, posisi, atau tekanan, dan dapat dicapai dengan menggunakan ,misalnya, dalam rekaman suara.
Sinyal analog memiliki resolusi teoritis tak terbatas. Dalam prakteknya sebuah sinyal analog tunduk pada kebisingan dan yang terbatas laju perubahan tegangan. Oleh karena itu, baik analog dan sistem digital dengan pembatasan-pembatasan dalam resolusi dan bandwidth.
Keuntungan utama adalah definisi baik dari sinyal analog yang memiliki potensi jumlah tak terbatas resolusi sinyal. Dibandingkan dengan sinyal-sinyal digital, sinyal analog kepadatan tinggi, dapat dilakukan pengolahan lebih sederhana dibandingkan dengan setara digital. Sinyal analog dapat diproses secara langsung oleh komponen analog, meskipun beberapa proses tidak tersedia kecuali dalam bentuk digital.
Kerugian utama dari sinyal analog adalah bahwa sistem apapun memiliki suara - yaitu, acak variasi yang tidak diinginkan. Sebagai sinyal akan disalin dan disalin ulang, atau ditransmisikan dalam jarak jauh, tampaknya ini variasi acak menjadi dominan. . Listrik, ini kerugian dapat dikurangi dengan melindungi, hubungan baik, dan beberapa jenis seperti kabel koaksial atau twisted pair. Dampak dari kebisingan membuat kehilangan sinyal dan distorsi. Ini tidak mungkin untuk pulih, karena memperkuat sinyal untuk memulihkan bagian dilemahkan memperkuat sinyal suara (distorsi / gangguan) juga. Bahkan jika resolusi sinyal analog lebih tinggi daripada sinyal digital yang sebanding, perbedaan dapat dikalahkan oleh kebisingan di sinyal.

 DAMPING
Ketika sinyal yang dikirim melalui saluran transmisi, mereka mulai lemah dan bentuknya mulai mengalami deformasi. Proses mendapatkan sinyal mengalami deformasi disebut redaman. Perhatikan bahwa sinyal teredam yang mencapai tujuan akan mengakibatkan menjadi data korup (sinyal digital) / kebisingan (sinyal analog). Apakah jarak redaman akan dimulai, akan tergantung pada kekuatan sinyal. Sinyal digital merupakan sinyal bertenaga rendah maka akan teredam jauh lebih awal daripada analog sinyal. Tapi kenyataannya adalah bahwa kedua jenis sinyal mulai mati setelah jarak tertentu. Jadi jika komunikasi yang tepat terjadi antara komputer dari jaringan maka redaman harus dihentikan dan sinyal harus mencapai tujuan dalam bentuk aslinya.
http://blog.student.uny.ac.id/cascarilla/files/2011/10/signal-300x204.gif
Ada banyak perangkat, yang melakukan tugas ini. Modem adalah salah satunya. Rincian modem dijelaskan di bawah ini.
Modem
          Modem adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk mengirimkan data melalui telepon atau jalur kabel. Perhatikan bahwa komputer internal menyimpan data dalam bentuk digital, sedangkan data melalui saluran telepon ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog. Modem pada akhir pengirim mengubah bentuk digital ke bentuk analog dan modem pada akhir penerima melakukan fungsi yang berlawanan yaitu mengkonversi analog
bentuk ke bentuk digital.
http://blog.student.uny.ac.id/cascarilla/files/2011/10/modem1.jpg


TRANSFORMASI DATA
Semua data dalam komputer terdiri dari sinyal digital. Komputer menerima, menyimpan dan menghasilkan data dalam bentuk digital. Data eksternal ada dalam bentuk analog. Jadi untuk  interaksi dua dunia, data harus dikonversi dari satu bentuk ke bentuk yaitu lain dari analog bentuk ke bentuk digital dan dari bentuk digital ke bentuk analog. Proses-proses tersebut dilakukan dengan menggunakan perangkat berikut:
1. Analog ke digital converter : Seperti namanya menunjukkan, perangkat ini mengkonversi analog sinyal menjadi sinyal digital yang sama.
2. Digital untuk konverter analog: Perangkat ini mengkonversi sinyal digital ke dalam setara sinyal analog. Analog Untuk Konversi Digital
Konversi analog ke digital adalah proses di mana sinyal analog diubah ke digital sinyal.
Sebagai contoh, sebuah gelombang sinus frekuensi sinyal yang bervariasi dari T – 5V ke 5 V akan memperoleh semua nilai yang mungkin seperti -4,7, -4,5, -4,2, -3,6, 0, 1,6, 2,5, 3,8, 4,9
dll mulai dari -5 sampai + 5 dalam 1 / interval waktu T. Sebagaimana ditunjukkan, sinyal digital hanya memperoleh nilai diskrit. Misalnya, digital sinyal frekuensi T yang bervariasi 0-5 V bisa mencapai hanya dua nilai yaitu 5, dan 0 dalam 1 / interval waktu T. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana, dalam proses konversi analog ke digital, begitu banyak nilai-nilai sinyal analog diubah ke nilai diskrit, sehingga memiliki sinyal digital setara untuk diberikan sinyal analog? Nah, hal ini dilakukan dalam langkah-langkah berikut:
1. Pertama kita memutuskan semua nilai digital mungkin yang akan tersedia untuk mewakili berbagai nilai-nilai sinyal analog.
2. Sinyal analog adalah sampel secara berkala dan nilai amplitudo adalah diamati.
3. Nilai yang diperoleh pada setiap waktu untuk sinyal analog yang cocok dengan digital terdekat tersedia dan disimpan dalam bentuk digital nilai.
Rincian kegiatan ini dijelaskan di bawah ini.
Memutuskan Semua Nilai Kemungkinan Dari Sistem Digital
Jumlah nilai yang mungkin yang akan digunakan dalam sistem digital, tergantung pada jumlah bit yang akan digunakan untuk mewakili nilai-nilai yang sesuai dari sinyal analog.
Misalnya, jika Anda menggunakan 1 bit sistem maka hanya 2 nilai yaitu 0 dan 1 akan tersedia untuk representasi. Kalau Anda menggunakan 2 sistem yaitu 22 bit maka nilai 4 akan diwakili oleh itu. Ini nilai-nilai jelas akan 00, 01, 10 dan 11. Di sisi lain, 8 bit sistem akan mewakili 28 yaitu nilai-nilai 256 dan 16 bit sistem akan mewakili nilai-nilai 216 yaitu 25536. Itu berarti lebih tinggi jumlah bit, lebih tinggi akan jumlah nilai yang diwakili oleh itu. Ini didefinisikan sebagai akurasi. Itu berarti, sistem sedikit lebih tinggi akan lebih akurat. Untuk memahami konsep ini, mari kita ambil kasus 3 bit sistem. Katakanlah sinyal analog bervariasi dari +5 V ke-5V. Jadi, semua variasi mulai dari -5 sampai 5, yaitu -4,9 3,8, 2,4, 1,2, 0, 1,9, 2,6, 3,8, 4,2 dll harus direpresentasikan menggunakan 23 yaitu 8 nilai digital saja. Itu berarti sistem ini tidak akan mampu mengenali setiap variasi tegangan, yang kurang dari 10 / 8 yaitu 1.2V. Dengan kata lain, Anda dapat mengatakan bahwa dalam tiga sistem, sedikit 1,5 Volt 1.3v, 1.6 Volt, 1.7 Volt dll semua akan diwakili oleh nomor yang sama mengatakan 101. Ini bukan kondisi yang sangat baik. Sistem seperti ini tidak sistem yang sangat akurat. Sekarang mari kita ambil kasus dari 8 bit sistem. Sistem ini akan memiliki 28 yaitu 256 nilai diskrit untuk mewakili semua variasi dari sinyal analog. Sebagai contoh, jika sinyal analog bervariasi dari -5V ke 5 V maka variasi minimum 10/256V yaitu 0.039V akan diperhitungkan dalam sistem ini. Hal ini Itu berarti tegangan seperti 1, 1,5, 1,6, 1,7 dan sebagainya akan diwakili oleh digital yang berbeda nomor. Kondisi ini jauh lebih baik dari kondisi sebelumnya, di mana 3 bit sistem adalah sedang digunakan.

NORTHBRIDGE
Suatu northbridge secara umum bisa dikatakan lebih mempengaruhi kinerja mainboard dibandingkan dengan southbridge. Hal ini disebabkan northbridge ini bisa dibilang menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, dan bahkan southbridge. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem. Prosesor-prosesor terbaru cukup sering memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Baru-baru ini dual kanal memori utama menjadi tren. Kemampuan untuk mendukung dual kanal memori utama ini jelas ditentukan oleh northbridge yang digunakan. Selain masalah dual kanal, masalah mengenai frekuensi kerja dan timing dari memori utama juga dipengaruhi oleh northbridge ini. Wajar saja karena controller memori tentunya berada pada northbridge tersebut. Untuk prosesor, northbridge ini jelas mempengaruhi FSB (Front Side Bus) yang didukung dan fitur yang didukung (misalnya Hyper-Threading), di samping hal-hal lain tentunya. Jenis memori utama dan prosesor yang didukung juga ditentukan oleh northbridge ini. Hal yang sama juga berlaku untuk kartu grafis. Kartu grafis masa kini bisa dikatakan hampir semuanya menggunakan interface AGP. Dukungan akan versi AGP yang digunakan jelas diberikan oleh northbridge. Sebelum adanya AGP, kartu grafis menggunakan interface PCI dan tidak dihubungkan secara langsung dengan northbridge.

SOUTHBRIDGE
Arti istilah southbridge adalah salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain. Chip lainnya adalah Northbridge.Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan prosesor ke memori system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.
Southbridge ini bisa dikatakan menangani komponen lain yang tidak ditangani oleh northbridge. Southbridge ini menangani hal-hal seperti PCI, USB, kartu suara onboard, IDE, dan beberapa hal lain. Kinerja sistem juga akan dipengaruhi oleh southbridge ini. Bila southbridge tidak mendukung interface ATA berkecepatan tinggi misalnya, kinerja sistem khususnya yang sering mengakses harddisk akan terhambat. Selain masalah kinerja harddisk, kinerja sistem juga bisa dipengaruhi oleh kartu tambahan lainnya yang terpasang pada PCI. Bila kinerja PCI yang tersedia tidak baik, kinerja sistem juga akan terganggu. Jangan lupa juga akan kartu suara dan kartu jaringan yang onboard. Kartu suara onboard AC’97 misalnya, kinerjanya akan dipengaruhi oleh southbridge yang memang mengandung AC’97 Controller. Satu hal yang jelas, sehebat apapun kinerja dari southbridge, southbridge ini masih dihubungkan ke northbridge. Oleh karena itu, besarnya bandwidth yang tersedia antara southbridge dengan northbridge ini juga bisa mempengaruhi kinerja dari komputer itu
 L1 dan L2 mempunyai fungsi dan perbedaan, diantaranya adalah.
Funsgi Cache L1:
  • Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
Fungsi Cache L2:
  • Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.
Perbedaannya adalah:
  • Cache F1 adalah memori yang utama.
  • Kecepatannya sama dengan kecepatan processor
  • Cache F2 adalah memori yang kedua (sekunder)
  • Kecepatannya dibawah kecepatan Cache L1
.

1 komentar: